Rabu, 18 Mei 2022
  • Home
  • global
  • Luar Biasa Kilang Pertamina Dumai-Sungai Pakning Berjaya di Ajang Top CSR Award 2022

Luar Biasa Kilang Pertamina Dumai-Sungai Pakning Berjaya di Ajang Top CSR Award 2022

Administrator Sabtu, 02 April 2022 06:22 WIB

RIAU, DUMAI, 01 April 2022 - Berdasarkan penilaian terkait pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR), Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai-Sungai Pakning berhasil meraih penghargaan tingkat nasional di ajang Top CSR Award 2022 yang digelar di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (30/03).

Top CSR Awards merupakan sebuah ajang yang diinisiasi oleh Top Business untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan pelaku CSR berbasis ketentuan ISO 26000, Good Corporate Governance (GCG), dan Strategi Bisnis. Penghargaan dalam ajang ini dibagi dalam lima tingkatan, mulai dari yang tertinggi yaitu "Top CSR Awards 2022 # Star 5" hingga yang paling rendah yaitu "Top CSR Awards 2022 # Star 1".

Dalam ajang penghargaan yang mengangkat tema "Being a Responsible Company is the Key Strategy for Business Sustaiable Growth" ini, PT KPI RU Dumai-Sungai Pakning berhasil memperoleh 2 penghargaan "Top CSR Awards 2022 # Star 4" atas implementasi CSR di masing-masing unit. Nurhidayanto selaku Area Manager Communication, Relations, & CSR RU II langsung hadir untuk menerima penghargaan tersebut.

Nurhidayanto menjelaskan bahwa penghargaan 4 bintang ini berarti PT KPI RU Dumai-Sungai Pakning dinilai telah sangat baik dalam hal keselarasan CSR dengan Strategi Bisnis Perusahaan. "Implementasi CSR PT KPI RU Dumai-Sungai Pakning dinilai telah mengadopsi Creating Shared Value (CSV) dan ISO 26000 SR dengan sangat baik, serta mendukung strategi bisnis perusahaan, baik dimasa Pandemi Covid-19 maupun untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan," jelasnya.

Ketua Penyelenggara Top CSR Awards 2022, M. Lutfi Handayani, menjelaskan bahwa terdapat 200 perusahaan yang mengikuti penilaian dalam ajang ini dan 160 perusahaan yang mengikuti prosesnya hingga akhir. Jumlah ini meningkat 10% dibanding tahun lalu.

" Kegiatan Top CSR Awards merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan bidang CSR yang tertinggi, dan insya Allah yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia, yang diberikan kepada perusahaan - perusahaan yang beroperasi di Indonesia, yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/ TJSL/Community Development, yang efektif dan berkualitas," jelasnya.

Sigit Reliantoro, selaku Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), mengatakan bahwa konsep Community Development yang dilakukan perusahaan telah banyak yang sudah memproteksi ekosistem. Selain menyelesaikan masalah sosial-lingkungan, ada juga CSR perusahaan yang menimbulkan biodiversity.

Sedangkan Ketua Dewan Juri Top CSR Awards 2022, Achmad Daniri, mengatakan bahwa penghargaan dalam ajang ini diklasifikasikan dalam lima tingkatan Level Bintang.

" Penilaian dilakukan dengan mempertimbangkan dampak CSR kepada multi stakeholders dengan tidak membedakan jenis sektor usaha, dan tidak membedakan apakah CSR diimplementasikan karena keharusan dari suatu regulasi atau atas inisiatif perusahaan. Jadi, yang menjadi pertimbangan yaitu sejauh mana CSR perusahaan, dapat memenuhi lima kriteria utama yang ditetapkan," jelasnya.

" Semoga dengan diraihnya penghargaan Top CSR Awards 2022 ini, dapat menjadi tambahan semangat bagi kami dan stakeholder terkait untuk terus menciptakan program CSR yang inovatif serta memiliki dampak besar bagi kesejahteraan masyarakat," tutup Nurhidayanto.

Sebelumnya, PT KPI RU Dumai-Sungai Pakning juga telah berhasil meraih penghargaan tingkat nasional dalam ajang Public Relation Indonesia Awards (PRIA) 2022, Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) 2022 dan Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2021. (rls/*).


T#gs
Berita Terkait
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments