Selasa, 25 Jan 2022
  • Home
  • bisnis
  • Sniman mulaika pamerkan 63 karya seni dalam pameran tunggal "i know you're somewhere so far"

Sniman mulaika pamerkan 63 karya seni dalam pameran tunggal "i know you're somewhere so far"

Administrator Kamis, 16 Desember 2021 08:10 WIB


KUALA LUMPUR, MALAYSIA  -  Pameran seni rupa "I Know You're Somewhere So Far" oleh salah satu seniman abstrak muda terkemuka Malaysia, Mulaika Nordin, resmi diluncurkan oleh Nori Abdullah Badawi di Galeri KEN di Kuala Lumpur. Pameran lukisan abstrak ini terdiri dari 63 karya seni yang dirampungkan dalam waktu empat tahun oleh Mulaika.

Dalam pameran tunggal keduanya, Mulaika mengupas konsep keterputusan dan keterasingan dari sudut pandang seorang seniman remaja yang berempati saat mengarungi lingkungan yang terus berubah yang berpuncak pada periode pandemi global COVID-19 pada tahun 2020 dan 2021. Artis muda, yang berusia 18 tahun di tengah pertunjukan, memberi penghormatan kepada masa remajanya saat ia memasuki usia dewasa dan mulai menjelajah ke dunia nyata.

"Saya harap semua orang mengambil sesuatu dari pertunjukan. Beri kesempatan kepada diri Anda untuk meresapai. Mungkin bertanya pada diri sendiri seperti apa situasi ini bagi Anda jika Anda bisa melukis? Apa 'Semangat' bagi Anda? Bagaimana dengan kegelapan di masa pandemi ini? Luangkan waktu untuk merasakan, apalagi perasaan Mulaika yang menghidupkan semua ini. Sekarang giliranmu," kata Nori Abdullah Badawi saat peluncuran.

" Sebagai pecinta seni, saya sangat beruntung telah menyaksikan banyak pertunjukan, kita memiliki karya yang begitu menawan, menakjubkan, dan menggetarkan hati di sini di Malaysia, sebuah negara yang terus berlanjut untuk merangkul keragaman DNA-nya. Dari akar masyarakatnya hingga campuran apa saja yang dapat Anda pikirkan hari ini, perbedaan kita telah membawa kesulitan, tapi yang lebih penting adalah kekayaan, keindahan, dan pertumbuhan," ujar Nori saat berbicara di acara peluncuran.

Hal yang menjadi perhatian dalam pameran ini adalah bagaimana Mulaika menggambarkan sisi terang dan gelap dari sifat manusia dan masyarakat modern di Asia. Karya-karya tersebut tidak hanya memberikan wawasan tentang pemikiran para seniman muda tentang masalah yang dihadapi, tetapi juga merupakan output dari kesadaran kolektif yang berlaku di tingkat masyarakat terutama karena COVID-19 telah berdampak pada cara masyarakat menangani masalah.

" I Know You're Somewhere So Far adalah cermin. Saya menciptakan karya-karya ini sebagai cara untuk mengekspresikan diri tetapi juga sebagai observasi dunia di sekitar saya," jelas Mulaika.

Sejak pandemi COVID-19 mulai merebak, telah terjadi peningkatan dramatis dari prevalensi masalah kesehatan mental dan psikososial secara global, karena banyak alasan termasuk lockdown yang menyebabkan keterputusan dan isolasi fisik, di atas ketegangan emosional yang disebabkan oleh masalah keuangan dan ekonomi. Ini terutama melukiskan lanskap sosial-ekonomi Asia saat ini.

Kaum muda saat ini, tetap sangat terhubung melalui media sosial, yang menyandingkan cara pandemi ditangani, untuk mengisolasi orang secara fisik sebagai perisai dari virus, yang secara alami menciptakan keterputusan dan konsekuensi yang tidak menguntungkan dari bunuh diri. Ini menyoroti pentingnya percakapan, kesadaran dan resolusi seputar topik ini, terutama untuk menghilangkan stigma dan tabu seputar kesehatan mental dan bunuh diri di banyak masyarakat Asia.

Karya Mulaika mengangkat isu kesehatan mental, dengan karya-karya seperti 'Every 40 Seconds', yang mengulas tentang angka bunuh diri; dan 'Homosapiens' dan 'Budak Abad 21' yang menyentuh realitas masyarakat seperti yang kita kenal sekarang.

Pameran "I Know You're Somewhere So Far" diselenggarakan oleh Malaysia Global Business Forum (MGBF) dan berlangsung hingga 19 Desember 2021 di KEN Gallery di Taman Tun Dr Ismail, Kuala Lumpur. Penerimaan gratis. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.mulaika.com. (*).

T#gs
Berita Terkait
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments