Rabu, 22 Mei 2024

Kopi Vietnam yang sedang Naik Daun

Administrator Kamis, 16 Mei 2024 11:49 WIB

HANOI, VIETNAM - HSBC menerbitkan sebuah studi pada bulan Oktober 2023 (1), dalam studi itu HSBC memperkirakan bahwa pada tahun 2050, jumlah wilayah yang cocok untuk budidaya kopi dapat berkurang hingga 50% karena perubahan iklim.

Di saat para ilmuwan mencari solusi untuk melestarikan tanaman kopi, para petani menghadapi krisis lain: memburuknya sumber benih, kualitas tanah, dan penurunan harga kopi yang signifikan.

Kopi pernah menjadi sektor komoditas yang berkembang pesat, dengan produksi global yang berfluktuasi setiap tahun karena kondisi cuaca, perubahan iklim, dan faktor lainnya, yang mengakibatkan pasar yang tidak stabil dan harga yang bergejolak. Ketidakstabilan harga ini memiliki konsekuensi yang signifikan bagi mereka yang menggantungkan hidupnya pada kopi, sehingga menyulitkan para petani untuk memperkirakan pendapatan mereka di musim yang akan datang dan merencanakan kebutuhan produksi mereka.

Vietnam Eksportir Kopi Terbesar Kedua

Vietnam saat ini merupakan eksportir kopi terbesar kedua di dunia dan pengekspor kopi Robusta terbesar. Menurut Departemen Umum Bea Cukai Vietnam, harga rata-rata ekspor kopi pada tahun 2023 adalah $2.614 per ton, meningkat 14,5 persen dari tahun 2022.

Menurut data dari Asosiasi Kopi Vietnam, pada kuartal pertama tahun 2024, Vietnam mengekspor 579.449 ton kopi, menghasilkan sekitar $ 1,9 miliar. Produksi naik 4,9 persen dan nilainya melonjak 57,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, didorong oleh harga ekspor yang tinggi.

Preferensi konsumsi kopi warga Uni Eropa berubah, dan perjanjian perdagangan bebas bilateral EVFTA meningkatkan nilai industri kopi Vietnam dan memfasilitasi perluasan pangsa pasarnya di Uni Eropa. Selain itu, pasar lain, termasuk Jepang, meningkatkan impor kopi Vietnam.

"Dari analisis di atas, industri kopi Vietnam diuntungkan oleh pergeseran preferensi konsumsi kopi secara global ke arah kopi Robusta," ujar Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Vietnam.

Ekspansi Kopi Trung Nguyen Legend

Saat membuat film dokumenter tentang kopi Vietnam, "The Tao of Coffee," Warner Bros Discovery mencatat: "Vietnam menyediakan lebih dari setengah pasokan kopi Robusta global, terutama yang ditanam di Buon Ma Thuot, provinsi Dak Lak, yang menyumbang lebih dari 30 persen dari total produksi negara itu. Sejak tahun 1980-an, pemerintah Vietnam telah mengimplementasikan serangkaian program produksi kopi untuk membantu memulai perekonomian."

Trung Nguyen Legend adalah merek kopi terkemuka di Vietnam, yang didedikasikan untuk mempromosikan kopi Vietnam dan budayanya ke seluruh dunia.

Ditampilkan dalam film yang diproduksi Discovery ini, Trung Nguyen Legend dipuji oleh studio film terkenal di dunia sebagai "perusahaan unik yang memimpin revolusi kafein Vietnam, mengubah kopi dari minuman sederhana menjadi gaya hidup". Film ini juga menawarkan pandangan dari dekat ke dalam fasilitas produksi yang dilengkapi dengan teknologi Barat tercanggih yang dipadukan dengan metode pengolahan tradisional Timur.

Vietnam telah mengembangkan strategi komprehensif untuk kebijakan dan komunikasi yang bertujuan untuk membangun budaya kopi Vietnam yang kuat. Landasan ini diharapkan dapat meningkatkan ekspor kopi Vietnam hingga mencapai miliaran USD per tahun, berkontribusi pada perekonomian secara keseluruhan dan meningkatkan posisi negara tersebut secara global.

Pada bulan September 2023, Trung Nguyen Legend meluncurkan model Trung Nguyen Legend Coffee World di pasar Tiongkok yang bernilai miliaran dolar. Perusahaan ini juga secara resmi membuka gerai kopi waralaba pertamanya di Little Saigon, Westminster, California, Amerika Serikat.

Kaya akan budaya kopi Vietnam, lokasi Trung Nguyen Legend Coffee World di Tiongkok dan Amerika Serikat telah disambut hangat oleh para pelanggan karena keunikan dan kreativitasnya, sehingga menarik perhatian para pakar industri, mitra investasi, dan para pelanggan.

Keterangan Foto: Dalam film "The Tao of Coffee," Warner Bros Discovery mencatat: "Vietnam menyediakan lebih dari setengah pasokan kopi Robusta global"
T#gs
Berita Terkait
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments