Senin, 24 Jun 2024

KPK, Tiba-tiba Jubir Baru

Administrator Sabtu, 08 Juni 2024 08:40 WIB

F/dtk


NASIONAL, - KPK mengumumkan Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai Juru Bicara (Jubir) definitif. Pengumuman jubir baru ini dilakukan KPK secara tiba-tiba.

Sebagai informasi, KPK tidak memiliki Jubir definitif sejak tahun 2019. Posisi Jubir KPK sebelumnya dilaksanakan oleh Febri Diansyah yang menjabat sebagai Kabiro Humas KPK.

Ketua KPK saat itu, Firli Bahuri, kemudian menunjuk dua orang Plt Jubir KPK pada 2019. Mereka ialah Ali Fikri untuk bidang penindakan dan Ipi Maryati untuk bidang pencegahan.

Febri kemudian mundur dari KPK pada tahun 2020. Setelah itu, Ali Fikri dilantik sebagai Kabag Pemberitaan KPK sejak tahun 2022. Meski demikian, Ali tetap menjalankan tugas sebagai Plt Jubir KPK bidang penindakan.

Terbaru, KPK mengumumkan telah memiliki jubir definitif. Wakil Ketua KPK Johanis Tanak mengatakan Jubir KPK yang baru adalah Tessa Mahardhika Sugiarto.

"Jabatan Pak Ali adalah Kabag Pemberitaan, tetapi selama ini beliau diangkat sebagai plh. Jubir dan sekarang sudah diangkat jubir yang definitif Pak Tessa Mahardhika Sugiarto," kata Tanak saat dimintai konfirmasi, Jumat (7/6/2024).

Tanak mengatakan Ali tetap menjabat sebagai Kabag Pemberitaan KPK. Dia mengatakan Ali cuma tak lagi menjalankan tugas sebagai Jubir.

"Betul. Beliau (Ali Fikri) tetap sebagai Kabag Pemberitaan, selama ini beliau cuma sebagai plh jubir," kata Tanak.

Ganti Jubir untuk Penyegaran
Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango kemudian menjelaskan soal alasan pergantian Jubir tersebut. Dia mengatakan hal itu dilakukan sebagai penyegaran internal.

"Nggak ada salahnya kalau kami berencana melakukan semacam 'penyegaran' sekaligus memberi ruang kesempatan kepada pegawai-pegawai KPK lainnya untuk menjadi 'corong' lembaga," kata Nawawi kepada wartawan, Jumat (7/6/2024).

Nawawi juga mengatakan Ali tetap bertugas sebagai Kabag Pemberitaan KPK. Dia mengatakan Ali telah menjalankan peran jubir KPK sejak Febri Diansyah mundur dari KPK pada 2019.

"Mas Ali itu kan sudah cukup lama menjadi plt juru bicara, yang waktu itu menggantikan Mas Febri Diansyah. Malah pada beberapa waktu yang lalu, yang bersangkutan telah menduduki jabatan sebagai Kepala Bagian Pemberitaan," ujarnya.

Pergantian Mendadak
Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan penunjukan Jubir KPK definitif dilakukan mendadak. Namun, dia mengatakan hal itu merupakan kewenangan pimpinan KPK.

"Saya tidak bisa berkomentar soal ini. Info yang saya dapat memang mendadak, tapi itu semua tentu sepenuhnya kewenangan pimpinan," kata Ali.

Ali tak mempermasalahkan hal tersebut. Dia mengatakan KPK harus menjadi role model bagi instansi lain dalam hal transparansi.

"Sebagai pegawai, saya tentu patuhi aturan sepanjang benar prosesnya karena bagaimanapun KPK itu lembaga role model bagi lembaga lain sehingga mesti ada transparansi dalam setiap kerjanya," ucapnya.

Tessa Resmi Diperkenalkan
KPK pun resmi memperkenalkan Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai Jubir baru. Tessa bukan wajah baru di KPK karena merupakan salah satu penyidik senior di lembaga antirasuah tersebut.

Momen perkenalan itu dilakukan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024). Tessa diperkenalkan oleh Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati.

"Dalam SK ditugaskan pertana Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai jubir, dan kemudian juga ada Budi Prasetyo, dan ada juga beberapa tim di bawah kepemimpinan jubir," kata Yuyuk.

"Penugasan jubir ini berlaku efektif hari ini. Jadi saya memperkenalkan teman-teman tentang jubir dan tim jubir yang baru ini. Hari ini langsung bertugas," sambungnya.

Tessa merupakan penyidik KPK dari Polri. Namanya diketahui pernah mengikuti seleksi Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK pada 2020 dan Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah I pada 2023. sc:dtk/**
T#gs
Berita Terkait
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments