Selasa, 16 Jul 2024
  • Home
  • bisnis
  • Sopa Umumkan Pemenang Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik Tahun 2024

Sopa Umumkan Pemenang Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik Tahun 2024

Administrator Senin, 24 Juni 2024 08:38 WIB

 

HONG KONG SAR - The Society of Publishers in Asia (SOPA), sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Hong Kong dengan dedikasi untuk mendorong standar tertinggi dalam jurnalisme, mengumumkan para pemenang Penghargaan Jurnalistik Terbaik tahunan yang bergengsi pada hari ini.

Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan terhadap karya jurnalistik yang luar biasa yang terbit di berbagai media di kawasan Asia Pasifik selama tahun 2023.
https://sopawards.com/the-sopa-awards/awards-finalists/

Upacara penyerahan penghargaan SOPA Awards 2024 berlangsung pada hari Kamis, tanggal 20 Juni 2024, pada acara jamuan makan malam di Hong Kong sekaligus menandai tahun ke-26 berturut-turut dari pemberian penghargaan tersebut.

Media internasional, regional, berbahasa Mandarin, dan media berbahasa Indonesia telah mengirimkan lebih dari 700 karya jurnalistik terbaiknya dalam 21 kategori.

Di antara tema-tema yang menonjol pada tahun ini diantaranya mengenai kondisi layanan kesehatan yang mengkhawatirkan di seluruh kawasan, dan kebijakan publik, khususnya di dua negara dengan populasi terbesar di dunia, India dan Tiongkok. Berikut adalah beberapa cuplikan utamanya.

PENGHARGAAN JURNALISTIK TERBAIK PELIPUTAN ISU PEREMPUAN:

Paparan Malaysiakini, Baby Snatching: How stateless mums lose their infants in Sabah Hospital (Pencurian bayi: Bagaimana seorang ibu tanpa kewarganegaraan kehilangan bayinya di rumah sakit Sabah) meraih penghargaan terbaik dalam peliputan isu-isu perempuan pada kategori regional.

PENGHARGAAN TERBAIK INOVASI JURNALISME

Proyek yang banyak dibicarakan di Financial Times: Satellites, drones, and programming tools reveal the transformation of China's mosques (Satelit, drone, dan alat pemrograman mengungkap transformasi masjid-masjid di Tiongkok) memenangkan penghargaan terbaik dalam kategori global. Laporan tersebut merinci upaya Beijing untuk "menyelaraskan" masjid dengan membangun kembali atau menghancurkannya.

PENGHARGAAN TERBAIK KARYA FEATURE

Sydney Morning Herald memenangkan Penghargaan Terbaik Penulisan Karya Feature kategori regional atas artikelnya, China's Mongolian Reach, yang merinci erosi sistematis identitas Mongolia.

Initium Media menerima Penghargaan Terhormat dalam grup berbahasa Mandarin untuk karya jurnalistiknya yang berjudul: Journey for Hope: Chinese Mingrants' Perilous Path to the US (Perjalanan Harapan: Jalur Berbahaya Para Migran Tiongkok Menuju Amerika Serikat) yang menceritakan mengapa beberapa orang siap menempuh risiko besar untuk mencari kehidupan baru; suatu tema yang populer di antara beberapa entri dalam penghargaan tahun ini.

PENGHARGAAN TERBAIK PELIPUTAN TEKNOLOGI

Cable Wars dari Reuters, yang menampilkan dari balik layar tentang upaya negara-negara Barat untuk menghentikan Tiongkok membangun kabel serat optik bawah laut, memenangkan penghargaan peliputan teknologi terbaik pada kategori global.

PENGHARGAAN TERBAIK KARYA INFOGRAFIK

How to Cool Down a City (Bagaimana Menyejukkan Sebuah Kota) oleh The New York Times memenangkan penghargaan terbail karta infografik pada kategori global dengan "kerja jurnalistik yang piawai" menurut para juri, yang memberikan"penjelasan yang menyeluruh sekaligus memikat".

SOPA AWARD UNTUK PENGHARGAAN JURNALISME TERBAIK LAYANAN PUBLIK

Bloomberg News memenangkan penghargaan yang didambakan ini untuk serialnya, Bad Medicine. Bloomberg menelusuri dampak buruk yang terjadi di berbagai negara akibat obat-obatan bermasalah yang diproduksi oleh perusahaan farmasi milik India. Para juri menyebutnya sebagai investigasi yang "sangat cermat dan mendalam" yang "mengungkapkan bahaya kesehatan masyarakat yang serius".

Beberapa pemenang mendapatkan manfaat dari subsidi biaya entri untuk media kecil atau pendatang baru, termasuk China Books Review, yang memenangkan penghargaan terbaik dalam Penulisan Opini kategori Global untuk karya nya yang berjudul: Mao to Now ( Mao hingga Sekarang); dan Master-Insight.com, yang memenangkan Penghargaan Terhormat untuk Penulisan Opini berbahasa Mandarin untuk karyanya yang berjudul: My Outstanding Student, Li Keqianh (Murid Saya yang Luar Biasa, Li Keqiang).

Ajang Penghargaan Jurnalistik SOPA ini juga memberikan penghargaan SOPA Lifetime Achievement Awards 2024 kepada mendiang Benjamin Kang Lim, seorang jurnalis dan mentor yang ternama di Tiongkok.

"Terima kasih kepada semuanya yang mengikuti SOPA Awards 2024 dan selamat kepada para pemenang, gelar kehormatan, dan finalis," ujar Bill Ridgers, Asia Digital Editor di The Economist dan Ketua Bersama dari Komite Editorial SOPA. "Kami bangga atas peran SOPA dalam mendorong dan memberikan pengakuan terhadap jurnalisme independen di wilayah yang makin sulit untuk menjalankan jurnalisme independen dengan isu-isu lokal yang penting dan penuh berisiko dibayangi oleh peristiwa global yang lebih besar."

SOPA ingin mengucapkan terima kasih kepada pembicara kami, Joseph Kahn dari The New York Times, yang paparannya dapat di unggah di tautan di bawah ini: https://www.youtube.com/@SOPAAsia

SOPA juga mengucapkan terima kasih kepada 135 juri sukarelawan kami dan Karen Koh yang telah menjadi pembawa acara kami. Terima kasih juga kepada the Journalism and Media Studies Centre at the University of Hong Kong, Pusat Studi Jurnalisme dan Media di Universitas Hong Kong, yang dikenal sebagai JMSC, yang telah menyelenggarakan SOPA Awards sejak tahun 2011 dan akan menjalankan peran ini lagi tahun depan.

Penghargaan ini tidak akan terlaksana tanpa mitra pendukung kami, Coconuts, Create Productions, Media OutReach Newswire, dan Telum Media.
T#gs
Berita Terkait
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments