Selasa, 16 Jul 2024
  • Home
  • bisnis
  • HDBank: Pertumbuhan Kredit Merupakan Titik Terang bagi Perbankan

HDBank: Pertumbuhan Kredit Merupakan Titik Terang bagi Perbankan

Administrator Senin, 24 Juni 2024 08:11 WIB

HO CHI MINH CITY, VIETNAM - Menurut laporan dari Bank Negara Vietnam (SBV), hingga 14 Juni, pertumbuhan kredit telah mencapai 3,79 % dibandingkan dengan akhir tahun lalu.

Namun, masih banyak tantangan dalam mendorong pertumbuhan kredit.

SBV baru-baru ini mengeluarkan sebuah dokumen yang mengharuskan implementasi solusi untuk mencapai tingkat pertumbuhan kredit sebesar 5-6% pada akhir kuartal kedua.

Statistik menunjukkan bahwa pada kuartal pertama, tujuh dari 27 bank mencatat pertumbuhan kredit yang negatif, termasuk beberapa bank besar.

Namun masih banyak bank dengan tingkat pertumbuhan kredit yang jauh lebih tinggi daripada rata-rata industri, seperti LPBank, Techcombank, HDBank, dan MSB.

Bank-bank ini juga menunjukkan keuntungan yang baik dibandingkan dengan rata-rata industri.

Setiap bank memiliki strategi dan keunggulan kompetitif yang berbeda untuk memanfaatkan peluang pasar.

LPBank mencatat peningkatan kredit terkuat lebih dari 12%, sementara Techcombank tumbuh lebih dari 7% dan HDBank sebesar 6,2%. Pertumbuhan kredit MSB meningkat lebih dari 5,6%.

Perwakilan HDBank menyatakan bahwa bank telah menerapkan kebijakan manajemen risiko sejak dini untuk memitigasi dampak eksternal yang merugikan dan memastikan kerangka kerja operasional yang stabil dan fleksibel.

Bank berada di posisi teratas dalam hal profitabilitas, dengan tingkat pengembalian ekuitas (ROE) mencapai 26,7%.

Peningkatan berkelanjutan dalam rasio keamanan operasional juga memberikan ketenangan bagi para pemegang saham dan investor di tengah berbagai tantangan.

Sementara itu, mendorong digitalisasi dan mengoptimalkan proses serta biaya operasional juga merupakan kunci untuk meningkatkan efisiensi operasional bank selama beberapa tahun terakhir.

Di HDBank, target pertumbuhan yang tinggi dan ROE yang terdepan di industri disertai dengan optimalisasi yang kuat pada Rasio Biaya terhadap Pendapatan (CIR), dari 39,3% pada tahun 2022 menjadi hanya 31,7 persen pada kuartal pertama tahun ini.

Di bank-bank lain seperti Techcombank, VPBank, atau terutama di bank-bank yang memiliki jaringan operasional besar seperti VietinBank, CIR juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, mendekati sekitar 30%.

Digitalisasi yang kuat dan optimalisasi kinerja serta efisiensi operasional juga merupakan faktor penting untuk mencapai tujuan pertumbuhan yang berkelanjutan di antara bank-bank Vietnam.

Menurut perwakilan State Bank, pertumbuhan kredit diperkirakan akan meningkat di bulan-bulan terakhir tahun ini.

Keterangan Foto: HDBank saat ini menduduki posisi teratas dalam industri perbankan dalam hal profitabilitas. - Foto milik HDBank
T#gs
Berita Terkait
Komentar
0 Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments